Geometri dan Animasi
Geometri
Segi geometri mempelajari representasi objek tiga-dimensi dalam pengaturan digital diskrit. Karena tampilan objek sebagian luhur bergantung pada anggota luarnya, representasi tepi jumlah digunakan. Permukaan dua dimensi yaitu representasi yang adil bagi sebagian luhur obyek.bangun ruang. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Geometri serta Jenis-Jenis Geometri.
Definisi Geometri
Seperti dikutip dari wikipedia pengertian Geometri adalah merupakan cabang matematika yang bersangkutan dengan pertanyaan bentuk, ukuran, posisi relatif gambar, dan sifat ruang. Seorang ahli matematika yang bekerja di bidang geometri disebut ahli ilmu ukur. Menurut Clements Geometri membangun konsep dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar-gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga. Secara Umum geometri adalah merupakan suatu ilmu di dalam sistem matematika yang di dalamnya mempelajari garis, ruang, dan volume yang bersifat abstrak dan berkaitan satu sama lain, mempunyai garis dan titik sehingga menjadi sebuah simbol seperti bentuk persegi, segitiga, lingkaran, dan lain-lain.
Jenis – Jenis Geometri
Geometri bidang yaitu mempelajari tentang garis, kurva, sudut, dan polygon dalam bidang.
Geometri bangun ruang yaitu mempelajari tentang kerucut, bola silinder, dan kurva polihedra dalam ruang tiga dimensi
Geometri diferensial yaitu aplikasi kalkulus dalam geometri untuk mempelajari sifat-sifat lokal dari kurva
Geometri deskriptif yaitu teknik matematika yang digunakan untuk mendeskripsikan hubungan geometris dari permukaan tiga dimensi pada suatu permukaan bidang
Geometri analitik yaitu aplikasi metode aljabar pada geometri dimana garis-garis dan kurva-kurva dinyatakan dalam persamaan aljabar.
Pemodelan geometris
Pengertian Animasi
Pernah menonton film kartun garapan Disney dan Pixar, seperti Toy Story, Finding Nemo, dan The Lion King?
Selain itu, pernahkah kamu menonton film kartun asal Jepang, seperti Doraemon, One Piece, dan Naruto? Film-film tersebut bisa kamu sebut sebagai animasi.
Dikutip dari Hive Studio, pengertian dari animasi sejatinya adalah perubahan cepat dari gambar yang berurutan untuk menciptakan suatu ilusi gerakan.
Secara lebih sederhana, Bloop Animation menjelaskan bahwa pengertian dari animasi adalah seni menghidupkan ilustrasi sebuah benda mati atau karakter.
Definisi tersebut sejalan dengan asal kata animasi. Pasalnya, kata ‘animate’ berasal dari bahasa Latin ‘animare’ yang berarti menghidupkan atau mengisi dengan napas.
Animasi dibuat dengan mengurutkan kumpulan gambar, kemudian ditampilkan satu per satu dengan cepat. Gambar pun akan terlihat hidup dan bergerak.
Faktanya, mata manusia hanya dapat menyimpan satu gambar selama 1/16 detik, seperti ditulis Studio Binder.
Maka, ketika beberapa gambar muncul secara berurutan dengan cepat, otak akan menggabungkannya menjadi suatu gambar yang bergerak.Untuk menciptakan kesan gerakan yang halus, setiap animator harus mempertimbangkan frame rate atau jumlah gambar berurutan yang ditampilkan setiap detik.
Dalam film, umumnya frekuensi gambar animasi adalah 24 fps (frame per second) sehingga gerakannya terlihat sangat halus. Selain digunakan dalam film, belakangan animasi juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, seperti UI/UX dan periklanan.
Tipe-tipe Animasi
1. Animasi Tradisional
nimasi tradisional adalah tipe animasi yang paling tua.
Pada awal munculnya animasi tradisional, animator menggambar di atas meja dengan lampu yang menerangi kertas tersebut. Dengan begitu, animator bisa melihat gambar-gambar yang telah mereka buat sebelumnya.
Kemudian, animasi tradisional mulai berkembang. Animator menggambar objek di atas kerja transparan seluloid. Oleh karena itu, animasi tradisional sering juga disebut sebagai cel animation atau animasi sel.Animator harus menggambar setiap frame satu per satu untuk menghasilkan urutan animasi.
Umumnya animasi tradisional dibuat dalam bentuk 2D. Contoh: Pinocchio (1940), Tarzan (1999), The Little Mermaid (1989).
2. Animasi 2D
Seperti yang telah saya sebutkan pada poin sebelumnya, animasi tradisional umumnya dibuat dalam bentuk 2D. Namun, animasi 2D tidak terbatas pada animasi tradisional saja.
Animasi 2D bisa juga dibuat dengan gambar vektor. Dengan gambar vektor, animasi jadi lebih mudah dikontrol daripada jika berbasis piksel.
Animasi berbasis vektor menggunakan perhitungan matematika untuk mengubah ukuran gambar sehingga gerakannya lancar, seperti ditulis Studio Binder. Menariknya, animator bisa menggunakan karakter yang sama tanpa perlu membuatnya lagi dalam frame yang baru.
Contoh: Tom and Jerry, SpongeBob SquarePants, Scooby Doo, One Piece,
3. Animasi 3D
Animasi 3D adalah tipe animasi yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan bantuan Softaware Animasi animator bisa menggerakkan bagian tubuh dan mengatur posisi karakter. Meskipun terkesan lebih mudah, nyatanya proses tersebut tetap harus dilakukan per frame. Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia animasi 3D, kamu perlu mempelajari cara membuat karakter secara digital, memperhatikan setiap detail, dan membangun kerangka karakter agar dapat dipindahkan dan digerakkan, seperti ditulis New York Film Academy.
Contoh: Kung Fu Panda (2008), Up (2009), How To Train Your Dragon (2010), The Incridible
Demikian penjelasan saya tentang pengertian animasi, mulai dari definisi, hingga fungsi-fungsinya. Kesimpulannya, animasi adalah perubahan cepat dari gambar yang berurutan untuk menciptakan suatu ilusi gerakan. Jika Masih ada yang kurang di mengerti silahkan komen di bawah. Arigatou ^_^





Tidak ada komentar:
Posting Komentar